Selasa, 24 Juli 2012

9 Bulan Bersama Pulsar 135 LS



Tidak terasa sudah hampir 9 bulan pulsar 135 menemani hari2 saya dan mengantar kesana kemari tanpa lelah.Sudah hilang rasa rindu terhadap si jupiter mx yang hilang diambil maling karena saya sudah terbiasa menyemplak motor India yang satu ini.

Sebelum saya memutuskan membeli motor ini saya melihat di berbagai forum kelebihan dan kekurangan pada bajaj pulsar 135 ini,diantaranya:


Kelebihan:
-Power yang besar dibanding dengan motor sekelasnya
-Model yang sporty dilengkapi stang jepit dan jok terpisah
-Teknologi dua busi yang membuat mesin motor seirit motor bebek
-Adanya teknologi Exhaust TEC yang memungkinkan torsi yang lebih pada gigi rendah
-Speedometer yang sudah semi digital
-Harga sparepart murah
-Harga jual motor yang murah untuk sekelas motor laki

Kekurangan:
-Posisi riding yang kurang nyaman
-Rem belakang masih tromol
-Akselerasi kurang nampol dibanding jupiter mx
-Dealer yang jumlahnya masih sedikit
-Ketersediaan sparepart yang kurang memadai

Berdasarkan kekurangan dan kelebihan tersebut saya akhirnya memutuskan untuk membeli pulsar 135(tentunya dengan uang orangtua)sebagai pendamping untuk menjalani keseharian.Faktor model juga tentu saja menjadi pertimbangan bagi saya.

Sejauh ini belum ada masalah berarti sama motor indihe ini,tetapi saya pernah lalai sekali dalam berkendara dan pinggiran motor menggesek trotoar sehingga pedal gigi sampai bengkok ke bawah.Sudah inden ke dealer dewi sartika tapi udah berbulan2 gak ada barangnya,cukup mengesalkan juga pelayanannya kalo dibanding dealer2 motor jepang yang cukup cepat dalam menyediakan sparepart.

Tapi gapapa lah kekurangan dalam hal penyediaan sparepart ini masih diimbangi dengan banyak kelebihan2 yang banyak tidak dimiliki kompetitornya.Ditambah dengan komunitas pulsar yang tumbuh subur di Indonesia menjadikan brand pulsar sebagai salah satu brand yang cukup diperhitungkan dalam perkancahan roda dua disini.

Akhir kata,berikut spesifikasi dari Bajaj Pulsar 135:

Engine Type: 4 stroke, air cooled, 4-valve, single cylinder, SOHC, DTS-i
Displacement: 13.66cc
Max Power: 13.5Ps @ 9000rpm
Max Torque: 11.4Nm @ 7500rpm
Bore x Stroke: 54 x 58.8
Compression Ratio: 9.8:1
Gear Box: 5 Speed (Pattern- 1 Down, 4 Up)
Starting: Kick + self start
Karburator  : 26 mm type CV
Front Suspension: Telescopic front fork with antifriction bush (Stroke 130)
Rear Suspension: Trailing arm with Co Axial Hydraulic cum gas filled adjustable shock absorbers and triple rate coil spring
Front tyre: Tubetype Unidirectional 2.75 x 17″
Rear tyre: Tubetype Unidirectional 100/90 x 17″
Front Brakes: 240 mm Disc Brakes
Rear Brakes: 130 mm Drum Brakes
Fuel Tank: 8 liters, 2.5 liter reserve (1.6 liter usable)
Headlamp: 35/35w
Electricals: Full DC
Wheelbase: 1325mm
Ground clearance: 170mm
Kerb Weight: 122 kgs

1 komentar: